Masalah Domain Forwarding pada Godaddy [Solved]

Halo smart reader! Mungkin kamu salah satu warganet yang baru saja membeli layanan domain di Godaddy. Atau mungkin juga kamu pelanggan lama yang ingin mengarahkan domain yang kamu beli di Godaddy, ke alamat website yang lain. Kalau kamu sampai di artikel ini, bisa jadi kamu sudah berhasil mengarahkan domain tersebut, namun ketika dicoba, ada kalanya kamu malah menerima pesan error “Oops, That page can’t be found, padahal website yang dituju sudah benar.

Kalau diperhatikan baik-baik, ternyata alamat URL website tujuan sedikit berubah. Ada beberapa karakter tambahan pada ujung alamat URL website yang dituju, seperti contoh yang pernah saya alami di bawah ini.

page not found

Usut punya usut, ternyata itu adalah “glitch” yang terjadi pada fitur domain forwarding di Godaddy. Sewajarnya, pelanggan bisa menghubungi tim support Godaddy via telepon/chat, untuk melaporkan dan meminta bantuan guna mengatasi masalah ini. Tapi, disini saya ingin mengajak smart reader untuk tidak membuang-buang waktu menunggu lama antrian chat ke tim support, dan ujung-ujungnya kamu tidak dapat solusi, seperti pengalaman yang saya share disini.

Lalu, solusinya bagaimana? Kamu bisa memilih salah satu dari 2 cara mudah berikut ini:

  1. Tambahkan karakter “?x=” setelah alamat URL website tujuan pada pengaturan domain forwarding
  2. Atau, cukup tambahkan karakter “?” saja setelah alamat URL website tujuan pada pengaturan domain forwarding

Contoh:

Misal domain kamu bernama 21menit.com dan sebelumnya pernah diarahkan ke website beralamat https://morfeusblogwordpressdotcom

Sekarang, kamu tambahkan salah satu karakter tadi, pada alamat URL website tujuan menjadi: 
https://morfeusblogwordpressdotcom/? atau https://morfeusblogwordpressdotcom/?x

Perhatikan gambar di bawah ini:

Penambahan salah satu dari karakter tersebut akan menghilangkan error “Not Found” yang sesekali muncul akibat penambahan random karakter atau glitch tadi. Sekalipun ada karakter tambahan muncul sehingga alamat URL tujuan menjadi https://morfeusblogwordpressdotcom/?xxWPsdN, alamat tersebut masih tetap bisa dibuka dan dianggap seolah-olah kita hanya mengunjungi https://morfeusblogwordpressdotcom tanpa embel-embel lain. Karakter apapun setelah “?” akan diabaikan oleh browser.

OK, solusinya sesederhana itu. Selamat mencoba ya! Jangan lupa, share info ini, siapa tahu berguna untuk pengguna lainnya.

Salam blogging!

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: