//
you're reading...
21menit

3 Kebiasaan Untuk Hidup Lebih Baik

good lifeTidak terasa, kita sudah di penghujung tahun. Angka 8 pada tahun 2018 akan berubah 8 hari lagi. Biasanya di hari-hari terakhir ini, berbagai situs berita dan media tv akan membuat kaledoiskop, rangkuman peristiwa penting apa saja yang terjadi selama 2018. Pertanyaannya, bagaimana dengan hidupmu smart reader? Apa saja yang telah kamu alami tahun ini? Adakah peristiwa penting yang membuat hidupmu berubah? Apakah resolusi yang kamu buat di awal tahun sudah tercapai? Atau justru mungkin, ada di antara kamu yang malah kehilangan semangat hidup tahun ini? Pernah bertanya pada diri sendiri, “Kok hidup gue gini-gini aja? Kenapa gw merasa kayak hari-hari gw datar kayak robot? Kenapa gw merasa ada yang kurang, ada yang salah? Apakah hidup memang cuma untuk kerja, kerja, dan kerja? Gimana supaya gw merasa lebih baik?”

Well, kamu tidak sendirian. Kalau kamu pernah mengajukan pertanyaan itu, berarti kamu sadar, ada yang harus diubah. Pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul, saat kamu memberi ruang dan waktu untuk memikirkannya. Nah, daripada menghabiskan waktu untuk terus bertanya, kenapa tidak mulai bertindak untuk mengatasinya? Semuanya dimulai dari cara hidup dan kebiasaan kita sehari-hari. Apa saja kebiasaan yang bisa membuat kamu lebih baik?

 

1. Nutrition, Exercise, and Sleep

Perhatikan tubuhmu. Mens sana in corpore sano: dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat. Kita mendengar itu sejak di bangku sekolah, tapi apa pernah diterapkan? Kondisi fisik mempengaruhi kondisi mental dan pola pikir kita. Contoh, kalau kamu lapar, kamu lebih mudah marah. Kalau kamu kurang tidur, kamu akan nge-hang dan mengantuk di sekolah ataupun tempat kerja. Kalau badan kamu terlalu gemuk, kamu pasti berpikir lebih baik naik lift daripada naik tangga walau pun hanya 3 lantai. As simple as that.

Kalau badan sehat, segar, fit, pasti kita bisa menjalani hari-hari dengan lebih semangat dan berpikiran positif. Tidak percaya? Mau bukti?

Mudah saja. Selama 3 bulan kedepan, kamu bangun pagi setiap jam 5, jangan miss satu haripun. Setelah sholat/berdoa/meditasi atau apapun itu sesuai kepercayaan kamu, lakukan latihan fisik selama 30 menit, lebih boleh. Lalu, saat kamu makan pagi, makan siang, ataupun makan malam, jangan sentuh junk food. Pastikan meal kamu cukup protein dan vitamin, pastikan ada sayur dan buah dalam menu kamu. Jangan lupa minum air yang cukup, hentikan kebiasaan minum soda atau kopi, maupun teman-temannya. Terakhir, usahakan tidur maksimal jam 10 malam.

Setelah 3 bulan, buktinya akan datang sendiri. Kalau belum dicoba, kenapa bilang tidak percaya?

2. Say No Addiction To SocMed

Ketika bangun tidur, apa hal pertama yang kamu lakukan? Sebelum tidur, apa hal terakhir yang kamu lakukan? Lagi makan bersama keluarga atau teman, apa yang kamu lirik di meja? Semua jawabannya hampir selalu sama. Kita hampir tidak pernah jauh dari smarthphone, kecuali pada saat mandi. Dulu, telepon adalah barang mewah. Apalagi telepon satelit yang bisa di bawa kemana-mana. Sekarang? Anak SD mainnya Mobile Legend, mainnya tidak hanya pakai jari, tapi pakai mulut juga, sambil menyebut jenis-jenis hewan tertentu.

Mau makan steak, di-tweet dulu biar follower nge-like. Mau nonton di bioskop, laporan dulu di instagram, disertai postingan foto tiket film apa yang mau ditonton. Lagi mau take off ke Bali, laporan ke orang tua tidak lewat telpon, lebih “praktis” kalau di share pakai insta story.

Yuk, kita coba jawab pertanyaan ini sama-sama ya. Kalau foto menu yang mau kamu makan di-upload ke sosmed, apakah harganya berbeda? Apakah porsinya jadi lebih banyak? Kalau kamu menghabiskan waktu 2 jam di instagram untuk scrolling foto-foto idolamu, sambil perang comment sama haters idolamu, apakah besok dia akan datang dan melamar kamu?

Mudah-mudahan contohnya tidak berlebihan, but do you catch my point here right? Sure you do.

3. Do and Learn New Things

Sebagian besar orang merasa hidupnya datar-datar saja, membosankan, melelahkan, biasanya dikarenakan rutinitas yang itu-itu saja. Solusinya mudah, lakukan hal berbeda setiap hari. Kalau biasa kamu naik mobil ke kantor, kenapa tidak coba naik sepeda atau kendaraan umum? Kalau biasa kerja Senin – Jumat, lalu Sabtu – Minggu “berobat” ke mall, kenapa tidak mencoba ambil kelas untuk belajar skill baru? Semua jawaban sebetulnya ada pada kamu sendiri. Ambil secarik kertas dan pen sekarang, lalu kamu buka google, cari daftar hobi. Sembari kamu telusuri, tulis di kertas, kira-kira hobi apa saja yang membuat kamu tertarik, lalu tandai hobi-hobi yang memungkinkan untuk dicoba.

Bisa jadi hobi baru kamu adalah passion kamu, sehingga setiap kali kamu penat dengan rutinitas, kamu punya obat untuk menghilangkan kejenuhan. Bisa jadi hobi baru itu menjadi sumber penghasilan. Bukankah menyenangkan dibayar untuk melakukan hal yang kita sukai? Investasi bukan hanya berupa materi, tapi bisa juga berupa pengetahuan, skill, atau hobi baru. Consider it as emotional investation.

 

Terapkah 3 hal di atas, kalau kamu mengharapkan perubahan. Kalau kamu berpikir, susah untuk menerapkannya, well then, you can close this article, continue your social scrolling and stop wishing for a better life next yearAnd you know what? Sebetulnya tahun baru sama halnya dengan kita menyambut hari baru. Bedanya hanya terletak pada ada atau tidaknya perayaan. Kalau kamu mau memanfaatkan pergantian tahun sebagai patokan awal untuk memperbaiki kualitas hidupmu, tidak ada salahnya. Tapi ada satu fakta luar biasa. Apa itu? Faktanya adalah, kamu bisa mulai berubah hari ini juga. Tidak perlu menunggu besok, minggu depan, apalagi tahun depan. Karena menunda adalah awal seseorang gagal mencapai targetnya. A journey start with one single step. Jadi, mau tunggu apa lagi? MULAI SEKARANG!

About cba

write thoughts anytime i feel like it

Discussion

No comments yet.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: