Julie & Julia (2009)

Warning: Spoiler alert!

 

Film ini diangkat dari buku yang berjudul sama, Julie & Julia. Diinspirasi kisah nyata 2 orang wanita bernama Julia Child dan Julie Powell. Mereka hidup pada generasi yang berbeda, berjarak lebih dari 50 tahun, namun dihubungkan oleh satu hal, yaitu masakan.

Film dibuka dengan awal kepindahan Julia Child ke Perancis, pada tahun 1949. Ia mengikuti suaminya yang ditugaskan di kantor kedutaan Amerika di Perancis. Walaupun belum menguasai bahasa lokal, Julia senang dengan tempat barunya. Ia dan suami sangat menikmati Perancis, terutama masakan-masakannya yang lezat. Sayangnya mereka tidak dikaruniai anak, karena Julia bertemu dan menikah dengan suaminya ketika sudah berusia hampir 40 tahun. Keadaan itu membuat Julia mencari-cari, aktivitas apa yang bisa ia lakukan untuk mengisi waktunya seharian, sementara suaminya bekerja. Ia mencoba berbagai kursus, mulai dari cara membuat topi, sampai dengan kursus memasak.

Pada masa yang berbeda, tahun 2009, Julie Powell bersama suaminya juga baru pindah dari kota New York ke Queen. Berbeda dengan Julia, Julie tidak menyukai tempat tinggal barunya yang usang dan berisik. Namun, karena alasan keuangan dan lokasi yang strategis, Julie mencoba menyesuaikan diri. Ia bekerja sebagai customer service di sebuah perusahaan asuransi, yang setiap harinya berhadapan dengan keluhan dan amarah client. Bermula dari reuni Julia dengan teman-temannya, akhirnya ia meminta dukungan suaminya untuk memulai sebuah blog tentang masakan. Agar berhasil, Julie memasang target, yaitu ia harus menulis pengalamannya memasak lebih dari 500 resep masakan Perancis, dalam waktu 365 hari, tanpa meninggalkan pekerjaan di kantornya. Buku resep masakan yang ia gunakan, tidak lain adalah buku yang ditulis oleh chef terkenal, yang memulai kisahnya di Perancis pada tahun 1949 tadi, yakni Julia Child.

Bagaimana seorang Julia Child, yang tidak bisa bahasa Perancis, akhirnya menjadi chef dan menulis buku resep yang dipakai Julie setengah abad kemudian?

Menjadi satu-satunya wanita di kelas lanjutan, sekaligus satu-satunya murid yang tidak berpengalaman masak, tidak membuat Julia Child menyerah. Ia sempat dianggap remeh oleh para chef pria di kelasnya. Sambil memperlancar bahasa Perancis, Julia belajar semuanya dari nol. Cara memasak telur, cara membalikkan adonan di atas penggorengan, bahkan ia menghabiskan waktu semalaman untuk berlatih mengiris bawang secepat chef profesional.

Tokoh Julia Child digambarkan sebagai seorang wanita paruh baya yang giat belajar, pantang menyerah, supel dan ceria dalam menghadapi segala sesuatu. Ia sering menuliskan hal-hal yang dialaminya, hal-hal baru yang dipelajarinya, termasuk resep dan teknik mengolah masakan. Sampai akhirnya Julia bertemu beberapa teman baru, yang menggerakkannya untuk membuka kelas masak, bahkan membukukan resep masakan Perancisnya dalam bahasa Inggris. Perjalanan Julia mencari penerbit yang mau mencetak bukunya tidak serta merta mulus. Namun waktu, harapan dan usaha memainkan peran dalam kisah hidupnya.

Sementara itu di masa yang berbeda, di Queen, Julie sempat kehilangan motivasi melanjutkan blog masakannya. Tidak ada pengunjung ataupun komentar satupun yang mampir di blog-nya. Bahkan sang Ibu mempertanyakan tujuannya menulis blog, dan mengganggap apa yang dilakukan Julie sia-sia. Julie seringkali merasa depresi dan kesulitan mengikuti resep-resep masakan yang ditulis Julia, namun disaat bersamaan, ia bertekad membuktikan pada dirinya sendiri, bahwa ia sanggup menyelesaikan sesuatu yang telah dimulainya. Seiring dengan waktu, blog Julie mulai mendapat perhatian dari beberapa pembaca. Puncaknya, salah seorang penulis harian New York Times mengunjungi Julie, dan blognya mendapat ulasan di harian tersebut. Berawal dari situ, banyak editor menghubungi Julie, untuk menuliskan kisah dapurnya bersama buku Julia Child, Mastering The Art of French Cooking.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: