//
you're reading...
21menit

Bikin Trending Yuk!

youtubeSebetulnya di post kali ini, saya ingin mengungkapkan keprihatinan, mengapa trending di Youtube Indonesia, kebanyakan video-video yang unfaedah. Mulai dari video nge-prank, video pamer kekayaan, video joget-joget, atau video yang isinya menampilkan orang makan, tapi yang nonton ga kebagian. Masalahnya, kalau saya ngebahas itu, ujung-ujungnya, artikel ini bakal jadi unfaedah juga. Ngapain membahas hal yang jelas-jelas tidak bisa diubah? Lah wong selera penontonnya memang masih di level itu, betul yah smart reader? Yang ada malah kita kepoh sama sesuatu yang ga penting.

Tapi, kalau kita ngomongin soal Youtuber Indonesia, beberapa waktu lalu ada kejadian menarik. Kenapa baru dibahas sekarang? Karena saya baru tahu sekarang. Kenapa baru tahu, basi dong? Well, karena masih dalam hitungan bulan, ga terlalu basi juga kok. Kenapa baru tahu? Pertama, walaupun saya salah satu pecandu Youtube, saya hampir tidak pernah menggubris apa yang trending di Youtube Indonesia, karena tidak sesuai selera. Kedua, akun Youtube saya di-set ke negara United State. Bukannya songong yah smart reader, tapi balik ke alasan pertama, trending video lokal kebanyakan unfaedah, dan tidak sesuai kebutuhan saya.

OK, kembali ke kalimat awal paragrap ke-2, ada yang menarik dari salah satu Youtuber Indonesia, yang sejauh pengetahuan saya, belum pernah dilakukan oleh Youtuber lainnya. Kalau kamu generasi Youtube, pasti tau sih Reza Oktovian alias Reza Arap, gamer sekaligus Youtuber yang terkenal dengan kata ANJ*NG nya. Oh, don’t worry, I am not his fans, God No! Sekitar 3 bulan yang lalu, sih Arap “mendonasikan” channel Youtube yang sudah dirintisnya selama 5 tahun, dan memiliki lebih dari 2 juta subscriber. Ia mengalihkan channel tersebut ke sebuah Yayasan Kanker Rumah Anyo, yang berlokasi di Jakarta Barat. Maksudnya tidak lain, supaya penghasilan dari akun channel tersebut, bisa memberi bantuan berkelanjutan kepada yayasan.

Kalau orang bilang don’t judge the book by its cover, yang dilakukan Reza Arap merupakan salah satu contoh relevan. Terlepas dari gaya bicara dan bahasanya yang tidak pantas di tonton, he did something great that never been done, even by the “good” Youtuber. Kamu bisa googling sekarang, cari daftar Youtuber Indonesia yang paling populer. Saat artikel ini saya tulis, Reza Arap berada di posisi ke-8, itu berarti masih ada 7 Youtuber Indonesia lainnya dengan jumlah subscriber yang lebih dashyat. Kebayang ga, kalau 7 Youtuber di atasnya, berani punya nyali sebesar itu, merelakan akunnya untuk kepentingan kemanusiaan?

Saya ga bilang, mereka-mereka yang bikin vlog pamer mobil dan kamera, tidak pernah melakukan kegiatan amal. Itu urusan mereka dan duitnya, betul ga? Toh mereka bisa sampai di atas dengan kerja keras dan kreativitas juga. Tapi saya tidak bisa memungkiri, rasa salut terhadap tindakan Reza Arap, its surely something that never cross anyone’s mind. Terus, sekarang Reza ngapain dong?

Tenang, yang namanya orang terkenal, rejeki mah ada aja. Sih Arap sudah bikin channel baru. Saat ini subscriber-nya sudah hampir mencapai 500 ribu. Isi channel-nya apa? Yah tetep, main game sama anj*ing (ehh!). Channel yang lama? Namanya berubah jadi Rumah Anyo. Nah, kalau kamu mau mendukung tindakan baik Reza Arap, yuk, subscribe ke channel tersebut di sini. Siapa tahu, kalau subscriber-nya booming, Youtuber yang lain tergerak mengikuti ide ini. Ayooooookk, sekali-kali subscribe dan tonton konten yang faedah dong. Tunggu apa lagi sih, uda mau tahun 2020 nih!!

About cba

write thoughts anytime i feel like it

Discussion

No comments yet.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: