//
you're reading...
Cerpen

Melepas Karma

*cerita ini adalah fiksi, tanpa bermaksud mengurangi apalagi mengubah makna dan budaya yang sebenarnya

(1) Fangsheng: Tradisi melepas hewan tertentu (ikan, burung, kura-kura) ke alam bebas untuk maksud kebaikan

(2) Hio: Dupa yang dibakar untuk keperluan sembahyang


Hari itu hari Sabtu, waktu menunjukkan pukul 7 pagi. Koh Abeng asik bersiul sambil membersihkan tempat abu hio. Sementara itu, istrinya masih komat-kamit setengah membungkukkan badan ke arah timur. Sekalipun sibuk di toko tiap hari, suami istri paruh baya itu tidak pernah melewatkan ritual paginya. Bagi mereka, ada waktu untuk cari uang, ada waktu untuk sembahyang. Setelah menyucukkan 3 batang hio di tiang pintu depan, Cik Abeng menghampiri suaminya di teras samping.hio

Cik Abeng: “Pah, besok lusa sudah mau tanggal 15. Katanya Papah mau fangsheng dulu sebelum Cap Go Meh…”

Koh Abeng: “Eh iyah Mah, untung diingetin. Tempo ari Papah ke rumah Encek Abun, mau beli ikan Koi-nya. Ada noh satu yg coraknya beda sendiri. Papah mau lepas itu….cuma dianya lagi ga di rumah, udah Papah titip pesen ke bininya.”

Cik Abeng: “Yah kan ga mesti Koi-nya Encek Abun Pah. Nih Pah, tadi malam Mamah punya mimpi, kita sekeluarga jalan-jalan ke Taipei. Eh lagi asik foto-foto, ada burung hinggap di pundak Papah….”

Koh Abeng: “Mimpinya kok aneh gitu Mah…”

Cik Abeng: “Iya, makanya, mungkin itu pertanda. Taon ini Papah suruh fangsheng burung, jangan ikan lagi. Mana tau kita dapat hoki jalan-jalan kan…”

Koh Abeng: “Ya udah, Papah mau mandi dulu. Nanti sebelum ke toko, kita mampir ke pasar Cimeng, liat-liat kalau ada burung yang baek.”

Baru saja Koh Abeng hendak beranjak dari teras, tiba-tiba putri semata wahyangnya, Ling-Ling, ikut nimbrung.

Ling-Ling: “Pah, Ling juga mau fangsheng dong, Papah sekalian beliin satu yah buat Ling….Ling mau nyoba juga, kan belom pernah, nanti Ling ganti pakai uang jajan bulan ini”

Cik Abeng: “Yah mesti milih sendirilah Ling, ga bisa titip-titip gitu.”

Koh Abeng: “Iya kamu mesti pilih sendiri, besok hari Minggu, kamu ga ke kampus kan? Nanti Papah antar.”

Ling-Ling: “Bener yah Pah. Ya uda Ling jalan dulu, ntar telat…”

Cik Abeng: “Yah ati-ati Ling, bilang driver ojeknya jangan ngebut-ngebut….”


Keesokan paginya, Koh Abeng sedang duduk di ruang tengah, membolak-balik koran yang baru diantar. Istrinya menghampiri sembari membawa secangkir teh dan roti selai.

Koh Abeng: “Ini kok turun cuma 300 perak, judulnya dicetak gede-gede di halaman depan. Tempo ari naik beberapa kali kagak dibahas.”

Cik Abeng: “Kalo naek dibahas, orang ributlah Pah. Kalau turun, biar dikit juga semua mesti tau. Sama kayak kita dagang kan….”

Koh Abeng: “Tadi siapa yang nelpon?”

Cik Abeng: “Encek Abun, nanyain Papah jadi ga beli Koi-nya. Mamah bilang kemarin Papah uda fangsheng burung….yah ga jadi.”

Koh Abeng: “Yah ga apa-apa, masih ada laen waktu. Eh, apa kasih sih Ling-Ling aja, Ling!!!… Ling!!!”

Mendengar suara Papah-nya, Ling-Ling buru-buru ke ruang tengah.

Ling-Ling: “Si Papah, orang lagi di ruang tamu, teriaknya sampe perempatan.”

Koh Abeng: “Lah, elu jadi mau ditemenin nyari burung ga? Apa mau ikannya Encek Abun aja?”

Ling-Ling: “Ga jadi Pah, uda dapet, tadi pas beli nasi uduk ketemu Midun di depan, dia jual burung Emprit. Ntar lagi Ling ke rumah dia.”

Cik Abeng: “O ya uda, sama aja, yang penting niat baeknya…”

Koh Abeng: “Ya uda, ati-ati jalannya…”


Menjelang sore hari, langit mulai mendung. Cik Abeng buru-buru mengangkat jemuran di atas. Dari lantai 2, ia bisa menengok ke jalan di depan rumah. Dilihatnya Ling-Ling merogoh sejumlah uang, membayar tukang ojek yang mengantarnya. Untung Ling-Ling sampai sebelum hujan, batin Cik Abeng seraya beranjak turun. Sampai di bawah, iya memisahkan pakaian ke beberapa keranjang. Suaminya yang sedang mengganti baterai jam, memanggil Ling-Ling yang baru saja masuk.

Koh Abeng: “Uda fangshen-nya Ling, kok sampai seharian?”

Ling-Ling: “Uda Pah. Tadi abis beli burung di tempat Midun, Ling-Ling maen ke rumah Meilan dulu, mau ajak dia maen ke Hutan Lindung pinggir kota, sekalian ngelepas sih Emprit. Eh ga taunya, dia lagi ga enak badan. Ya uda Ling temenin dia sebentar sambil ngobrol-ngobrol, abis itu baru naek ojek ke sana.”

Cik Abeng: “Kenapa ga minta Papah anterin tadi? Kok ngelepasnya jauh-jauh sih Ling, kan di belakang rumah Pak RT ada sawah…”

Ling-Ling: “Masalahnya, sih Midun tuh sering nongkrong di sawah Mah, nyari jangkrik, burung, kadal, apa aja deh yang bisa dijual. Tadi aja Ling beli sih Emprit sama dia cuma ‘cepek-ceng’, padahal cakep. Katanya dia baru dapet di sawah kemaren.”

Koh Abeng: “Ha?!? Sih Midun dapet burung di sawah?? Kemaren? Burungnya warna apa Ling???”

Cik Abeng: “Lah Papah, kemarin belinya burung Emprit bukan Pah? Jenis burung kan banyak??!”

Koh Abeng: “Papah kurang paham tipenya apa, pokoknya warnanya bagus, keliatannya sehat, yah Papah bayar ke yang jual. Burung yang lu beli warna apa Ling?!?”

Ling-Ling: “Emang Papah kemaren lepas di sawah??? Bentar, tadi Ling sempet foto sebelum ngelepas..”

Ling-Ling mengecek handphone di tasnya, mencari foto burung Emprit yang dibelinya…

Ling-Ling: “Warna bulu badannya hitam bintik putih, tapi bagian kepalanya ungu kekuningan Pah, nih fotonya…”

Koh Abeng: “Jiaaaaa, kampret sih Midun!!! Ini sih burung yang Papah lepas kemaren!!”

Ling-Ling: “Yaaa…..gimana dong. Papah sih aneh, ngelepas kenapa di sawah?? Uda tau anak-anak sini suka ngejer burung.”

Koh Abeng: “Ya Papah mana tau anak-anak sini suka nangkep burung ke sawah, saban hari Papah di toko….ah payah sih Midun!!”

Ling-Ling: “Ya sih Midun mana ngerti itu burung fangsheng Papah, lagian ngelepasnya kenapa deket-deket sini sih Pah….terus gimana dong, batal ga fangsheng-nya?

Koh Abeng menggaruk-garuk kepala dengan muka sedikit jengkel. Istrinya hanya menggeleng-gelengkan kepala, bingung mau berkata apa.

Ling-Ling: “Gimana dong Mah?”

Cik Abeng: “Yah ga gimana-gimana Ling, mau gimana lagi?”

Ling-Ling: “…..”

Cik Abeng beranjak ke dapur sambil bergumam sendiri, “Batal deh jalan-jalan ke Taipei!”

 

 

 

About cst

i am who i am.

Discussion

No comments yet.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: