//
you're reading...
Android, How To, Internet

Cara Kirim WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Tujuan

Buat kamu yang selama ini penasaran, bisa ga sih, kirim WA ke nomor lain, tapi ga usa disimpan ke phonebook? Jawabannya BISA!

Biasanya ini terpakai, saat kita ingin mengirim chat ke orang lain, untuk menanyakan sesuatu, yang sifatnya hanya sekali. Atau, karena alasan tertentu, kita tidak ingin menyimpan nomor orang tersebut di daftar kontak. Entah karena tidak ingin menuh-menuhin kontak (ingin memastikan phonebook berisi nomor-nomor yang penting saja), atau kamu salah satu pengguna WA yang ingin Profile Picture/Status/Last Seen, hanya boleh dilihat teman-teman di kontakmu saja.

Apapun itu, kamu bisa melakukan hal ini dengan 2 cara:

Cara 1 – Melalu aplikasi tambahan

Kamu bisa menginstall aplikasi WhatsDirect (atau sejenisnya) dari Google PlayStore. Ketika kamu ingin mengirim pesan, aplikasi WhatsDirect akan meminta kamu memasukkan nomor tujuan dan isi pesan. Ketika kamu menekan tombol Send, aplikasi tersebut akan mengarah ke WhatsApp. Setelahnya, di WhatsApp kamu bisa mengedit pesan sebelum dikirim (jika perlu di-edit), dan melanjutkan chat seperti biasanya langsung dari aplikasi WhatsApp. Berikut contoh tampilan aplikasi WhatsDirect.

WhatsDirect

Tampilan Aplikasi WhatsDirect

 

Cara 2 – Mengakses link WhatsApp untuk mengirim pesan

Nah, kalau kamu ga mau install aplikasi tambahan, yang tentu akan makan memori lagi, kamu bisa mengakses link berikut, setiap kali kamu mau chat ke nomor baru tersebut.

https://api.WhatsApp.com/send?phone=NOMORHPTUJUAN

Silahkan mengganti NOMORHPTUJUAN dengan nomor yang akan kamu chat, menggunakan kode negara yang sesuai. Indonesia memiliki kode negara 62, sehingga angka 0 di depan nomor, harus menggunakan angka 62. Sebagai contoh, nomor HP 087212345678 berubah menjadi 6287212345678, sehingga link yang perlu kamu akses ketika ingin chat ke nomor tersebut menjadi:

https://api.WhatsApp.com/send?phone=6287212345678

Itulah 2 cara sederhana untuk mengirim chat via WhatsApp tanpa menambah kontak baru di phonebook kamu. Mudah bukan? Boleh di coba di smartphone masing-masing. Dan jangan lupa, share ke teman-temanmu yang mungkin membutuhkan, because sharing is fun!

About cba

write thoughts anytime i feel like it

Discussion

No comments yet.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: