Cara Menginstall Python

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahasa Python bersifat portable, sehingga dapat berjalan di berbagai macam sistem operasi. Pada tutorial ini, akan dijelaskan cara menginstall Python pada 2 sistem operasi yang paling banyak digunakan, yaitu Windows dan Linux.


Catatan: Dalam tutorial ini, penulis menggunakan sistem operasi Windows 7, yang sudah terinstall Python versi 3.7.4. Untuk editor yang digunakan adalah Visual Studio Code (gratis), dan tersedia untuk kedua sistem operasi di atas. Namun perlu diingat, apapun sistem operasi dan editor yang dipilih, tidak akan menghambat proses belajar selama menggunakan tutorial ini. Pilihlah editor yang nyaman dan sesuai dengan gaya masing-masing. Karena pada dasarnya, program Python bisa dibuat hanya menggunakan text editor sederhana seperti Notepad. Dan Python sendiri juga menyediakan IDLE, yaitu shell dan editor bawaan Python. Kalian bisa menggunakan IDLE ini sebagai editor selama proses belajar. Hasil program akan sama saja.


Menginstall Python di Windows
  1. Download Python installer untuk Windows di sini: Download Python
  2. Setelah proses download selesai, jalankan langsung file python-3.7.4.exe
  3. Tentukan drive sebagai lokasi installasi Python, misal di C:\Program Files\Python
  4. Pastikan pilihan “Add Python to PATH” tercentang. Selanjutnya proses installasi akan berjalan secara otomatis

    Python Setup
    Proses instalasi Python di Windows
  5. Setelah selesai, folder Python akan muncul pada lokasi drive yang tadi ditentukan dan juga pada Start Menu

    Python 3.7
    Mengakses Python dari Start Menu
  6. Untuk memeriksa hasil instalasi, buka Windows Command Prompt (cmd), lalu ketikkan perintah python –version. Jika sudah terpasang dengan benar, versi Python akan ditampilkan seperti di contoh bawah ini.
    C:\>python --version
    Python 3.7.4
Menginstall Python di Linux
  1. Hampir semua distribusi Linux sudah memiliki Python.
  2. Untuk mengecek apakah Python versi 3 yang terinstall, buka aplikasi terminal dan jalankan perintah berikut:
    $python3 --version
    Python 3.6.8
  3. Jika Python 3 sudah ada, terminal akan menampilkan versi Python yang terinstall seperti contoh di atas (perintah di atas dijalankan pada terminal Linux Ubuntu 18.04 LTS). Ada kalanya, pada Linux terinstall 2 versi Python, yakni versi 2.7.y dan 3.x.y. Jika kita hanya mengetik perintah python, maka interpreter yang digunakan adalah versi lebih lama, yakni 2.7.y. Jadi untuk sistem operasi Linux, gunakanlah perintah python3 selama mengikuti tutorial ini ketika menggunakan aplikasi terminal, karena ada beberapa perbedaan syntax antara Python versi 2 dan 3.
  4. Untuk meng-upgrade ke versi 3.7, gunakan perintah apt-get. Jika pesan konfirmasi untuk melanjutkan muncul, jawab dengan “y”.
    $sudo apt-get install python3.7

Pastikan komputer terhubung dengan koneksi internet sebelum menjalankan perintah di atas, karena perintah apt-get tersebut akan mendownload dan menginstall package secara otomatis.


Setelah Python sukses diinstall, langkah selanjutnya adalah memilih editor yang akan digunakan. Banyak pilihan editor, seperti Sublime Text, VS Code, Atom, Vim, Notepad++ dan sebagainya. Silahkan install atau boleh gunakan editor apapun yang sudah ada di komputer masing-masing. Jika kamu memilih menggunakan VS Code, install extension Python, sehingga VS Code dapat terhubung dan mengenali syntax Python. Fitur intellisense dari extension tersebut berguna dalam auto-completion dan pengecekan syntax ketika kita sedang mengetik program. Extension VS Code lainnya yang cukup berguna adalah Code Runner. Extension tersebut mempermudah kita mengeksekusi program langsung dari editor menggunakan shortcut CTRL+ALT+N. Jika kamu memilih menggunakan IDLE Python, di bawah ini adalah panduan sederhana cara menggunakannya.


IDLE Python

Catatan: IDLE otomatis terinstall pada Windows ketika Python diinstall. Sedangkan pada Linux, perlu diinstall terpisah dengan menjalankan perintah ‘sudo apt-get install idle3‘ pada terminal

  1. Untuk menjalankan IDLE, klik Start Menu –  All Programs – Python 3.7 –  IDLE atau langsung Start Menu dan ketik IDLE pada kolom Search. Pada Linux, setelah menginstall package IDLE, search dan klik aplikasi IDLE.

    Python 3.7
    Menjalankan IDLE dari Start Menu Windows
  2. Tampilan default IDLE seperti gambar di bawah, kita bisa mengetik perintah-perintah Python pada prompt shell >>>. Sebagai contoh di bawah, perintah print digunakan untuk menampilkan pesan Hello

    IDLE
    Menjalankan Print pada Shell IDLE
  3.  Untuk membuat file baru menggunakan editor-nya, pilih menu File – New File

    IDLE New File
    Membuat File Baru
  4. Tampilan editor mirip aplikasi Notepad, dengan tampilan warna default putih

    Editor IDLE
    Editor IDLE
  5. Untuk menjalankan program yang sudah diketik, simpan terlebih dahulu (File – Save), lalu pilih menu Run – Run Module (F5).

    Run program
    Run Program
  6. Prompt shell IDLE akan otomatis menampilkan pesan “Hello programmer” sesuai teks pada perintah print.
  7. Jika tampilan warna putih cerah tersebut kurang nyaman, kamu dapat mengubahnya lewat menu Option – Configure IDLE, lalu pilih tab Highlights.Pilih Theme dan atur warna sesuai keinginan, lalu klik Apply
    IDLE Dark
    Menu pengaturan tampilan IDLE

Editor Visual Studio Code (VS Code)

Sebelum menginstall VS Code, selesaikan terlebih dahulu proses installasi Python.

  1. Editor VS Code dapat di download secara gratis di sini: Visual Studio Code. Pada website resmi tersebut, tersedia installer untuk sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Jalankan installer tersebut dan ikuti langkah-langkah instalasi sederhana yang ditampilkan.
  2. Setelah selesai instalasi, buka aplikasi VS Code, lalu instal 2 buah extensions : Phyton dan Code Runner, agar program Python bisa dijalankan langsung dari editor ini. Extensions tersebut dapat kalian cari dan di install langsung, dari tab Extensions. Perhatikan gambar di bawah.
VS Code Extensions
Tab Extensions

 

VS Code Extension Python
Extension Python

 

VS Code Extension Code Runner
Extension Code Runner

Sebagai informasi, editor VS Code tidak hanya khusus untuk mengetik program Python, tapi juga bisa digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Java, HTML, Ruby, dll.


Jika Python dan editor sudah siap semua, maka saatnya bermain bersama Python. Pada tutorial berikutnya, kita akan mengenal Tipe Data dan Variable pada Python, sekaligus membuat program Python untuk pertama kalinya!

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: