List (Dasar)

List adalah kumpulan data dalam urutan tertentu. List dapat berisi berbagai macam data, mulai dari alfabet, angka, nama-nama murid, merk mobil, dan seterusnya. Karena List bisa memilki lebih dari satu item, biasanya penamaan List menggunakan kata jamak. Misalnya, List dari nama-nama teman bisa beri label friends. Atau List dari merk-merk mobil kita beri nama cars, dan seterusnya. Berikut contoh List yang berisi buah-buahan.

>>>fruits = ['apple', 'orange', 'mango', 'grape', 'kiwi']
>>>print(fruits)
['apple', 'orange', 'mango', 'grape', 'kiwi']

Jika kita print sebuah List, maka Python akan menampilkan isi dari List tersebut, beserta dengan tanda kurung sikunya.


Mengakses Item pada List

Data yang tersimpan pada List berupa urutan, sehingga data tersebut bisa diakses dengan menyatakan posisinya, atau kita sebut dengan indeks. Untuk mengakses data pada posisi tertentu, kita gunakan nama List diikuti dengan posisi indeks didalam kurung siku.

>>>fruits = ['apple', 'orange', 'mango', 'grape', 'kiwi'] 
>>>print(fruits[0]) 
apple

Pada List fruits di atas, ada 5 jenis buah, lalu buah pertama yakni apple ditampilkan ke layar menggunakan perintah print. Indeks pada List dimulai dari angka 0, BUKAN 1. Sehingga untuk mengakses buah pertama, dinyatakan dengan fruits[0]. Untuk 5 data di atas, berarti masing-masing memiliki indeks 0 sampai 4. Kita bisa memilih data tertentu yang diinginkan dari sebuah List, dengan menyebutkan posisi indeksnya. Data dari List yang dipilih, bisa disimpan di variable lain untuk digunakan lebih lanjut. Di bawah ini salah satu contohnya, kita mengakses sebuah data dari List dan menggunakan dalam variable lain. Pahami baris perintahnya, dan cobalah untuk mengakses data (nama buah) yang berbeda dengan mengganti indeksnya.

Contoh List
Contoh Mengakses Data pda List

Catatan: Pada saat tertentu kita ingin menampilkan data di indeks terakhir, namun tidak tahu indeks terakhir dikarenakan jumlah data terlalu panjang. Pada Python, indeks terakhir List bisa diidentifikasi dengan [-1]. Sebagai contoh, dari List fruits di atas, fruits[-1] adalah buah kiwi, dan fruits[-2] adalah buah grape, demikian seterusnya. Hati-hati saat menggunakan indeks List, karena program akan error bila indeks yang digunakan tidak ada. Misalnya, memanggil fruits[6] pada program di atas akan memberi error: list index out of range.


Menambah Data pada List

Kita dapat mengubah data pada indeks tertentu dalam sebuah List, seperti layaknya kita memberi nilai pada variable, dengan memanggil data indeks tersebut. Berikut contoh sederhananya.

>>>cars = ['chevrolet', 'honda', 'mercedez']
>>>print(cars)
['chevrolet', 'honda', 'mercedez']

>>>cars[1] = 'toyota'
>>>print(cars)
['chevrolet', 'toyota', 'mercedez']

Pada List cars di atas, mobil honda (indeks ke-1) diganti menjadi toyota, sehingga List yang baru mempunyai 3 buah jenis mobil, yakni chevrolet, toyoya, dan mercedez. Lalu, bagaimana jika kita tidak ingin menghapus mobil honda, tapi kita tetap ingin menambahkan mobil toyota ke dalam List? Kita bisa menambah sebuah data ke dalam List, menggunakan method yang sudah disediakan Python untuk tipe data List, yakni method append(). Masih ingat cara mengakses method pada tutorial Tipe Data dan Variable? Perhatikan contoh di bawah ini.

>>>cars = ['chevrolet', 'honda', 'mercedez']
>>>print(cars)
['chevrolet', 'honda', 'mercedez']

>>>cars.append('toyota')
>>>print(cars)
['chevrolet', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

Pada baris ke-2, List cars menambahkan (append) mobil toyota ke daftarnya, menggunakan method append. Method append() menambahkan data yang diberikan, di posisi terakhir List. Bagaimana jika ingin menambahkan mobil di posisi tertentu, misal menambahkan mobil jeep sebelum mobil honda? Python menyediakan method lain, yakni insert(). Berikut contohnya.

>>>cars = ['chevrolet', 'honda', 'mercedez', 'toyota']
>>>print(cars) 
['chevrolet', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

>>>cars.insert(1, 'jeep')
>>>print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

Perhatikan baris ke-2 dari contoh di atas. List cars menyisipkan (insert) mobil jeep, di indeks pertama, yakni di antara mobil chevrolet dan honda. Method insert() membutuhkan 2 argumen ketika dipanggil, argumen pertama berupa Integer, yakni angka yang menunjukkan indeks atau posisi untuk menambahkan data baru, dan argumen kedua adalah data yang ingin ditambahkan. Pada tutorial ini sudah digunakan istilah-istilah seperti method, fungsi, dan argumen. Untuk saat ini, kita hanya perlu memahami sebatas cara penggunaannya. Lebih detail mengenai ketiga topik tersebut, akan dipelajari pada tutorial mengenai Fungsi dan Kelas (Classes).

Untuk latihan, silahkan copy dan jalankan contoh-contoh program di atas, dan cobalah menambahkan atau menyisipkan merk mobil lainnya di posisi tertentu. Tampilkan pula merk mobil yang kamu inginkan.


Menghapus Data pada List

Untuk menghapus data pada List, ada 3 cara yang dapat digunakan, masing-masing tergantung kebutuhan. Cara yang pertama dengan menggunakan perintah del, yaitu perintah untuk menghapus data pada indeks tertentu.

>>> cars = ['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

>>> del cars[2]
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'mercedez', 'toyota']

Perintah del cars[2], berarti hapuslah (delete) data ke-2 pada List cars. Saat menggunakan perintah ini, berarti programmer sudah mengetahui, data keberapa yang ingin dihilangkah. Cara yang kedua menggunakan method pop(), yang berfungi menghapus data terakhir dari sebuah List, sekaligus menyimpan data tersebut ke variable lain.

>>> cars = ['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

>>> temp = cars.pop()
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez']

Pada contoh di atas, mobil toyota, sebagai data terakhir dari List cars, otomatis hilang setelah method pop() dipanggil. Sementara itu, variable temp akan berisi ‘toyota’. Jika pop() dipanggil 2 kali, kemudian List cars di print ke layar, maka mobil mercedez juga ikut hilang dari daftar. Method pop() bisa berfungsi mirip perintah del, jika kita menambahkan argumen, yakni indeks dari data yang ingin dihapus. Cobalah simulasikan contoh program di atas, dengan mengganti variable temp menjadi temp = cars.pop(2). Mobil merk apa yang hilang dari List cars?

Cara yang ketiga, menggunakan method remove(). Method ini digunakan saat programmer mengetahui data yang ingin dihapus, tetapi tidak mengetahui indeks data tersebut pada List. Perhatikan contoh berikut.

>>> cars = ['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'mercedez', 'toyota']

>>> cars.remove('mercedez')
>>> print(cars)
['chevrolet', 'jeep', 'honda', 'toyota']

Method remove() hanya menghapus nilai pertama yang ditemukan. Jika pada List tidak terdapat data yang ingin dihapus, maka program akan error. Jika pada List terdapat lebih dari satu mobil mercedez, maka hanya mercedez pertama yang hilang dari List. Bagaimana jika ingin menghapus semua kemunculan mercedez pada List? Kita perlu menelusuri data List satu persatu. Hal ini akan dipelajari pada materi tentang Looping.


Mengurutkan List

List yang terbentuk tidak selalu berisi data terurut seiring berjalannya program. Sementara saat kita menampilkan isi List ke layar, terkadang kita ingin mengurutkannya. Untuk mengurutkan data List secara ascending, Python menyediakan method sort(). Sebaliknya, untuk mengurutkan secara descending, gunakan method reverse().

>>> cars = ['bmw', 'jeep', 'honda', 'audi', 'toyota']
>>> cars.sort()
>>> prints(cars)
['audi', 'bmw', 'honda', 'jeep', 'toyota']

>>> cars.reverse()
>>> print(cars)
['toyota', 'jeep', 'honda', 'bmw', 'audi']

Kedua method sort() dan reverse() akan mengubah urutan data pada List secara permanen. Bila kita tidak ingin mengubah urutan data tersebut, tetapi hanya ingin mengurutkan saat ditampilkan ke layar, gunakan fungsi sorted(). Perhatikan contoh program di bawah, jalankan di editor masing-masing untuk lebih memahaminya.

>>> cars = ['bmw', 'jeep', 'honda', 'audi', 'toyota']
>>> prints(sorted(cars))
['audi', 'bmw', 'honda', 'jeep', 'toyota']

>>> print(cars)
['bmw', 'jeep', 'honda', 'audi', 'toyota']

Pada materi ini, kita sudah mengenal apa itu List, bagaimana mengakses, menambah atau mengurangi, serta mengurutkan data dalam List. Pada tutorial selanjutnya, kita akan belajar bagaimana menelusuri isi List satu per satu, bagaimana mengambil sebagian data, sekaligus berkenalan dengan for looping.

What do you think? Leave a Comment Below.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Up ↑

%d bloggers like this: